Cara Mengetahui WA Disadap

2 Cara Mengetahui WA Disadap Teman/Orang Tidak Dikenal, Hati-hati!

wa-disadap

Di era informatika ini, keamanan data pada akun pribadi harus ekstra dijaga. Bahkan untuk akun pribadi seperti WA terkadang tidak tahu kalau sudah disadap. Lantas, bagaimana cara mengetahui WA sudah disadap orang lain?

Cara ini perlu diketahui agar data pribadi Anda tidak bocor karena saat ini banyak sekali orang-orang tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan dengan meretas akun WA. Peretasan akses ini dapat dianggap sebagai cara ilegal untuk menggunakan akun tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Akun WA yang sudah disadap biasanya akan menunjukkan tanda-tanda tertentu. Nah, tanda-tanda ini akan menjadi cara untuk mengetahui bahwa WA sedang disadap.

Bagaimana cara mengetahui WA telah disadap oleh orang lain

Jika Anda mengalami beberapa masalah di bawah ini, berarti akun WA Anda sedang digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, cara ini harus diketahui dengan hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya untuk WA yang sudah disadap oleh oknum tertentu bisa diketahui dengan cara sebagai berikut:

1. Melalui Pemberitahuan Web WhatsApp

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat notifikasi yang muncul. Namun, sering kali notifikasi tersebut menghilang dengan cepat sehingga Anda tidak dapat melihatnya.

Jangan bingung dulu karena ada langkah tersendiri untuk mengetahui notifikasi WhatsApp Web yang hilang, yaitu:

Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di smartphone
Kemudian terdapat beberapa pilihan menu option sehingga anda dapat mengklik tombol menu options yang ditandai dengan titik vertikal di pojok kanan atas.
Kemudian, ada beberapa opsi dan klik WhatsApp Web sehingga Anda dapat memeriksa perangkat mana yang memiliki akses ke WhatsApp Anda.
Jika Anda merasa belum pernah menautkan WA di perangkat lain tetapi muncul satu atau lebih komputer, maka akun WA Anda telah disusupi.

Penyusup di perangkat lain ini adalah peretas yang telah memasuki akun WA Anda sehingga yang dapat Anda lakukan adalah menekan Logout dari semua perangkat yang tercantum di bagian bawah.

2. Melalui Aktivitas di Akun WhatsApp

Terkadang cara mengetahui WA disadap, tidak hanya melalui beberapa langkah saja. Namun, ada ciri-ciri tertentu yang membuat akun WA kamu tidak seperti biasanya dan bahkan sangat aneh.

Ada beberapa kondisi yang dikategorikan sebagai ciri-ciri WA kamu disadap oleh orang lain, yaitu:

A. Mendapatkan Kode OTP Dikirim

Seperti diketahui saat ingin masuk ke akun WA, Anda harus memberikan kode OTP yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau telepon. Jika tidak melakukan apa-apa dan tiba-tiba terkirim kode OTP untuk aktivasi WA, ada kemungkinan nomor WA tersebut dikloning oleh orang lain.

Sayangnya, untuk mengkloning nomor WA, Anda harus memiliki akses ke kartu SIM korban. Dan bisa jadi, pengirim menggunakan alibi yang mengaku sebagai teman korban dan meminta untuk mengirimkan kode agar bisa masuk.

Oleh karena itu, ketika ada kode OTP yang masuk ke nomor telepon Anda baik melalui SMS atau telepon, jangan pernah memberi tahu orang lain.

B. Pesan Baca

Fitur lain dari cara mengetahui WA disadap adalah melihat pesan yang belum Anda ketahui tetapi sudah dibaca. Hal itu bisa terjadi karena peretas menggunakan kode QR yang biasa digunakan di WhatsApp Web.

Anda dapat melihat pesan tiba-tiba dibuka dan dibaca oleh penyadap. Bisa juga pesan tersebut telah dihapus untuk mengantisipasi agar tidak ada kecurigaan dari Anda. Dengan begitu, pastikan WA yang Anda gunakan aman dari penyadapan.

C. Akun WA Tiba-tiba Keluar

Seperti diketahui bahwa akun WA tidak dapat digunakan secara bersamaan di ponsel yang berbeda. Jika nomor tersebut digunakan di perangkat lain, akun WA akan otomatis keluar dengan sendirinya.

Sedangkan jika salah satu nomor sudah terdaftar di perangkat lain maka akan muncul notifikasi bahwa nomor ponsel Anda sudah tidak terdaftar lagi di WhatsApp di ponsel tersebut dan disarankan untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu agar bisa masuk ke akun WA yang sudah log out.

Ketika Anda mendapatkan notifikasi seperti di atas, jangan tekan OK terlebih dahulu. Atau bisa tekan verifikasi agar akun WA kamu tidak berpindah ke hp lain. Ini berlaku jika bukan Anda yang memindahkan akun WA Anda ke ponsel lain.

D. Mengirim Pesan yang Tidak Terkirim oleh Pengguna

Bisa jadi hacker sudah melakukan tindakan yaitu dengan mengirimkan pesan ke kontak Anda padahal Anda tidak mengirim pesan tersebut.

Biasanya hal semacam ini akan dilakukan untuk mendapatkan uang atau disalahgunakan untuk memeras korban lain dengan menggunakan identitas akun WA Anda. Jadi, untuk berhati-hati agar tidak ada yang tertipu.

Sumber :