UTBK-SBMPTN 2021 di UI? Periksa prosedur implementasi di sini

Ujian Tulis Berbantuan Komputer (UTBK) – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dimulai. UTBK-SBMPTN seri pertama akan berlangsung 12-18 April 2021 di Universitas Indonesia (UI) dan 73 pusat UTBK lainnya.

UI menerbitkan siaran pers pada Kamis (8/4) membahas tata cara pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 di UI. Berikut penjelasannya.

UTBK-SBMPTN-2021-di-UI-Periksa-prosedur-implementasi-di-sini
Baca juga:
Tahukah kamu 4 tips persiapan UTBK SBMPTN 2021 dari LTMPT

Dalam mengikuti UTBK SBMPTN 2021, peserta harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Membawa fotokopi ijasah yang diaktakan atau asli yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau ijasah kelas 12 sekolah dengan mencantumkan nama siswa, NISN, dan NPSN.

2. Foto berwarna yang masih berlaku yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan stempel/stempel sekolah dilampirkan pada foto tersebut.

3. Kartu identitas calon.

4. Kartu Tanda Penduduk (KTP/SIM/KTP/Paspor/KK).

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Di UI, pelaksanaannya mengacu pada rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, yaitu:

1. Orang yang diperiksa harus dalam keadaan sehat dan tidak memiliki gejala penyakit (khususnya gejala ISPA seperti batuk, pilek, demam dan gangguan pernafasan).

2. Peserta wajib menggunakan masker kesehatan (bukan masker kain).

3. Hasil pemeriksaan suhu tubuh peserta sebelum memasuki area tes <= 37,3°C.

4. Sebelum memasuki ruang ujian, peserta disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hand sanitizer yang disediakan panitia, atau membawa personal hand sanitizer.

5. Disarankan untuk menjaga jarak minimal 1,5 meter dari peserta lain atau orang lain di lingkungan Kampus UI Depok.

6. Tidak ada keramaian sebelum atau sesudah ujian.

Selain itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merekomendasikan agar peserta UTBK-SBMPTN 2021 melakukan hal-hal berikut sebelum mengikuti ujian:

1. Agar selalu menjaga kesehatan dan dianjurkan untuk tetap di rumah saja!

2. Informasi tentang lokasi ujian dan persyaratan keikutsertaan UTBK dapat dilihat di website Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu pusat UTBK terpilih. Hal ini diperlukan karena ada beberapa pusat UTBK yang tidak mengizinkan peserta untuk mengecek lokasi secara langsung.

3. Jika masih ingin melihat lokasi gedung yang nantinya akan digunakan untuk tes pada H-1, harap patuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yaitu pakai masker dan jaga jarak!

4. Perkirakan waktu tempuh dari tempat tinggal atau tempat asal ke lokasi tes. Jika peserta ingin mengecek lokasi ujian, Panitia Pusat UTBK UI menyarankan untuk mengeceknya melalui link s.id/petautbkui2021, kemudian memilih lokasi UTBK kemudian menghitung waktu tempuh dari lokasi rumah peserta ke lokasi ujian. Pusat UTBK UI (perbedaan waktu tempuh memungkinkan perbedaan waktu tempuh).

Pada tahun 2021, UI akan menerima mahasiswa baru S1 reguler melalui tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan tarif 20%, UTBK-SBMPTN dengan tarif 30% dan Seleksi Masuk (SIMAK) . UI adalah ujian masuk UI independen dengan tarif 50%. .

Siswa yang belum berhasil lolos SNMPTN 2021 dapat mendaftar dengan masa pendaftaran mulai 3 Mei hingga 9 Juni 2021 dan mengikuti seleksi SIMAK UI. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs web resmi UI, yaitu acid.

Itulah penjelasan mengenai tata cara pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 di UI yang harus diperhatikan. Semoga sukses menjadi tuan rumah bagi para pejuang SBMPTN UTBK-SBMPTN 2021!

Lihat Juga :

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp

gb whatsapp