Serai wangi penghasil minyak atsiri masa depan

Serai-wangi-penghasil-minyak-atsiri-masa-depan

Serai wangi penghasil minyak atsiri masa depan

Serai-wangi-penghasil-minyak-atsiri-masa-depan

Minyak atsiri adalah minyak atsiri. Minyak ini dibuat dari metabolit sekunder pada tanaman dan terjadi pada akar, kulit kayu, daun, bunga dan biji.

Indonesia adalah salah satu produsen minyak atsiri terbesar di dunia. Hingga 40 jenis minyak atsiri diketahui, 20 di antaranya adalah minyak potensial yang telah dikembangkan di pasar dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Sumber minyak atsiri baru masih diteliti. Salah satu minyak atsiri yang paling menjanjikan adalah minyak akar sereh.

Serai (Cymbopogon nardus. L) adalah jenis tanaman penghasil minyak atsiri yang telah berkembang. Minyak sereh diperoleh dari destilasi daun dan dikenal dalam perdagangan sebagai minyak sereh.

Minyak sereh Indonesia di pasar dunia dikenal sebagai “Minyak Sereh dari Jawa”.
Peran barang-barang ini sebagai sumber devisa dan pendapatan bagi petani dan pekerjaan sangat besar.

Produksi minyak sereh di Indonesia dipromosikan di Nangroe Aceh Darussalam,

Jawa Barat, Jawa Timur dan Lampung. Total wilayah Indonesia pada tahun 2004 adalah 3.492 hektar.

Minyak sereh diperoleh dari tanaman sereh yang mengandung senyawa sitronelal sebesar 32-45%, geraniol 10-12%, sitronelol 11-15%, geranil asetat 3-8%, aseton sitronel 2-4% dan mengandung sedikit seskuiterpen dan senyawa lainnya .

Serai adalah salah satu barang esensial paling prospektif. Permintaan minyak sereh cukup tinggi dan harganya stabil dan cenderung meningkat. Yang unik adalah penanamannya tidak terlalu rumit dan tanaman ini dapat hidup di daerah pinggiran dan bahkan di daerah yang terdegradasi.

Sebelum Perang Dunia Kedua, Indonesia adalah pengekspor utama minyak

sereh. Tetapi sekarang Cina adalah negara utama produksi. Ini karena produksi minyak Citronella Indonesia selalu menurun dan kualitasnya lebih rendah daripada Cina dan Taiwan. Namun, permintaannya cukup tinggi karena permintaan pasar selalu meningkat 3-5% per tahun.

Negara-negara yang mengimpor minyak sereh Indonesia adalah Singapura

, Jepang, Australia, Meksiko, India, Taiwan, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman dan Spanyol. Serai bahkan dapat digunakan sebagai sumber bahan pakan untuk peternakan. (Rhd)

 

sumber :

https://radiomarconi.com/
https://9apps.id/
https://dosenpendidikan.id/
https://gurupendidikan.org/