Prinsip – Prinsip Seni Rupa

Prinsip – Prinsip Seni Rupa

Prinsip – Prinsip Seni Rupa

Prinsip – Prinsip Seni Rupa

1. Unity (kesatuan)

Persatuan adalah salah satu prinsip dasar tata letak, yang sangat penting. Kurangnya kesatuan dalam karya visual membuat karya terlihat berantakan dan berantakan, membuat pekerjaan tidak nyaman. Prinsip ini sebenarnya adalah prinsip hubungan. Jika satu atau lebih elemen visual memiliki hubungan (warna, ekspresi, arah, dll.), Persatuan telah tercapai.

2. Saldo

Karya seni dan desain harus seimbang sehingga menyenangkan untuk dilihat dan tidak menimbulkan rasa takut. Sama seperti jika kita melihat pohon atau bangunan runtuh, kita merasa tidak nyaman dan cenderung gelisah. Keseimbangan adalah keadaan yang dialami benda ketika semua pekerja yang bekerja saling membatalkan. Di bidang seni, keseimbangan ini tidak bisa diukur, tetapi dirasakan, yaitu situasi di mana tidak semua bagian dari pekerjaan harus saling membebani.

3 berbagi

Proporsi meliputi prinsip-prinsip dasar tata ruang untuk mencapai harmoni. Untuk mencapai harmoni dalam sebuah karya, diperlukan perbandingan yang tepat.
Proporsi pada dasarnya adalah perbandingan matematis dalam suatu bidang. Rerata besar (rata-rata emas) adalah rasio yang paling populer dan digunakan saat ini dalam karya seni untuk arsitektur. Proporsi ini menggunakan angka Fibonacci dengan rasio 1: 1.618, sering juga 8:
Hubungan ini dikatakan sebagai perbandingan yang ditemukan pada benda-benda alami, termasuk struktur ukuran tubuh manusia, sehingga dianggap sebagai hubungan yang berasal dari Tuhan sendiri. Di bidang desain, kami melihat bagian ini dalam perbandingan format kertas dan tata letak halaman.

5. Rhythm (irama)

Ritme adalah pengulangan gerakan teratur dan terus menerus. Dalam bentuk alami kita dapat mengambil contoh dari pengulangan gerakan pada gelombang laut, pawai semut, pergerakan daun dan lainnya. Prinsip ritme sebenarnya adalah rasio pengulangan bentuk elemen visual.

6. Aturan

Aturan adalah salah satu prinsip dasar Tatarupa yang harus ada dalam seni dan Deisan. Dominasi berasal dari kata dominance, yang berarti keunggulan. Sifat superior dan istimewa ini akan membentuk elemen sebagai penarik dan pusat perhatian. Dalam dunia desain, dominasi sering disebut sebagai pusat minat, fokus dan eye-catcher. Aturan memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan memecah ketertiban.


Baca Juga :